Jumat, 23 November 2012

Economy Scene


Anda pasti berpikir bahwa penyerangan adalah yang terpenting. Tapi jangan lupakan soal ekonomi. Ekonomi adalah hal utama dan pertama yang harus kita bangun demi kelangsungan hidup masyarakat di dalam kerajaan kita. Makanan adalah hal yang paling wajib ada. Jika lumbung makanan kosong, warga akan meninggalkan kerajaan kita perlahan lahan. Jika tak ada warga yang akan dipekerjakan, maka ekonomi kita tak akan berkembang. Maka dari itu, dianjurkan yang pertama kali dilakukan ialah membangun tukang kayu untuk menghasilkan kayu lalu ladang perkebunan untuk menghasilkan makanan. Di artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang pengaturan ekonomi.
Di dalam Stronghold Crusader, identik dengan bangunan dan untuk ekonomi kita membutuhkan bangunan bangunan penghasil barang (goods) entah itu barang tambang, barang perkebunan dsb. Panel produksi barang tersebut barada pada panel khusus bergambar palu (Industry buildings category) untuk barang sandang/papan dan panel bergambar apel (farm buildings category) untuk pangan. Di dalam farm buildings cathegory terdapat salah satu bangunan yang tidak dapat langsung dibuat makanan, bangunan itu adalah Wheat farm, atau kebun gandum. Gandum yang dihasilkan bangunan ini harus diproses di bangunan pemroses makanan (Food Proccesing unit) yang panelnya bergambar celurit. Ada lima panel di dalam game ini tapi di artikel ini hanya akan mengulas 3 panel dan panel lainnya nanti di jelaskan di postingan berikut.
STRONGHOLD CRUSADERS PANEL
+ Ligkaran biru: Industry buildings category
Industry buildings category adalah panel yang berisi Stockpile, woodcutter, quarry, ox tether, pitch rig, dan market place. Jika panel ini di-klik, akan muncul gambar seperti berikut.

-          Stockpile (1)
Stockpile adalah tempat penyetoran barang non-konsumsi seperti kayu, batu, besi, minyak, hops (sejenis hasil kebun untuk dijadikan minuman keras), ale (sejenis bir keras), dan tepung untuk dijadikan roti. Biasanya stockpile ada di dekat benteng raja (stone keep atau manor house). Stockpile dapat dibangun secara gratis tanpa resource apapun.
-          Woodcutter (2)
Woodcutter  adalah salah satu bangunan yang penting karena bangunan ini menghasilkan kayu dari pohon yang ditebang. Dan hampir semua bangunan di Stronghold Crusader memerlukan kayu sebagai resource. Karna itu, woodcutter harus diletakan pertama kali saat permainan dimulai. Woodcutter bisa dibangun dengan resource 3 kayu. Artinya kita harus memiliki kayu minimal 3 untuk membangunnya
-          Quarry (3)
Quarry adalah tempat penambangan batu yang bisa digunakan untuk membangun benteng, menjadikannya peluru alat penembak batu (catapult atau trebuchet). Berbeda dengan bangunan sebelumnya, Quarry harus ditempatkan di daerah berbatu putih. Quarry bisa dibangun dengan resource 20 kayu. Setelah batu telah di produksi oleh quarry, kita harus menggunakan ox tether untuk mengangkutnya ke stockpile.
-          Ox Tether (4)
Ox tether adalah sapi jantan yang digunakan untuk mengangkut batu ke stockpile. Ox tether harus diletakan beberapa di dekat Quarry. Ox tether  bisa dibangun dengan resource 5 kayu.
-          Iron Mine (5)
Iron mine adalah tambang besi yang menjadikan bijih besi menjadi besi batangan. Besi ini dapat digunakan sebagai resource pembuatan senjata ataupun dijual. Karena barang tambang yang satu ini mahal, akan sangat bagus jika kita membangun Iron mine. Sama seperti Quarry, Iron mine harus ditempatkan di tempat khusus, yaitu di batu yang berwarna kecoklatan. Iron mine bisa dibangun dengan resource 20 kayu.
-          Pitch rig (6)
Pitch rig adalah tempat penambangan minyak. Walaupun minyak kelihatan mahal, tapi disini minyak sangat murah dan menunjukan bahwa minyak bukanlah sesuatu yang harus dijual. Manfaat dari minyak sendiri dapat sebagai pertahanan parit minyak yang dapat terbakar dengan pemicu begitu ada musuh mendekat. Pitch rig bisa dibangun dengan resource 20 kayu.
-          Market Place (7)
Market place adalah pusat kegiatan jual-beli kerajaanmu. Market place sangat penting di bangun guna melakukan kegiatan jual beli. Market place bisa dibangun dengan resource 5 kayu.
+ Lingkaran Kuning: Farm buildings category
Farm buildings category adalah panel berisi Hunter post, Dairy farm, Apple orchard, Wheat farm, dan Hops farm. Jika panel ini di-klik, akan muncul gambar seperti ini

-          Hunter post (1)
Hunter post adalah tempat perburuan rusa untuk dijadikan daging yang akan disetor ke Granary (lumbung makanan). Peasant yang ada di sini akan menjadi pemburu dan memburu rusa. Hunter post bisa dibangun dengan resource 5 kayu.
-          Dairy farm (2)
Dairy farm adalah kebun untuk sapi yang nantinya dapat digunakan bukan hanya sebagai penghasil makanan (keju), tapi juga dapat berfungsi sebagai peluru sapi busuk, dan bahan kulitnya dijadikan semacam baju tentara. Dairy farm bisa dibangun dengan resource 5 kayu.
-          Apple Orchard (3)
Aple Orchard adalah kebun apel siap petik. Merupakan penghasil makanan paling praktis dan cepat. Apel yang dipetik dari sini akan di setor ke Granary. Aple orchard bisa dibangun dengan resource 5 kayu.
-          Wheat farm (4)
Wheat farm adalah kebun penghasil gandum mentah yang akan dikirim ke stockpile untuk selanjutnya dijadikan tepung. Tepung ini akan digunakan sebagai bahan pembuat roti yang nantinya bisa dikirim ke Granary. Wheat farm bisa dibangun dengan resource 15 kayu.
-          Hops farm (5)
Berbeda dengan kebun lainnya, Hops farm adalah kebun tumbuhan yang menjadi bahan dasar pembuatan bir keras. Hops farm bisa dibangun dengan resource 15 kayu.
+ Lingkaran Hijau: Food processing unit
Food processing unit adalah panel yang berisi bangunan pemroses makanan/minuman yang belum siap di konsumsi, bangunan itu antara lain, Granary, bakery, brewery, mill, dan inn. Jika panel ini di-klik, akan muncul gambar seperti ini.
-          Granary (1)
Granary adalah bangunan tempat penyimpanan makanan, dan bangunan ini harus dibangun pada awal permainan. Granary bisa dibangun dengan resource 5 kayu.
-          Bakery (2)
Bakery adalah bangunan yang harus dibangun untuk membuat roti. Tetapi, roti tidak akan tercipta jika kita tak membangun mill. Bakery bisa dibangun dengan resource 10 kayu.
-          Brewery (3)
Brewery adalah bangunan pembuatan minuman keras dari hasil perkebunan hops (hops farm). Minuman ini tidak akan dikirim di granary, melainkan akan diambil oleh pekerja bangunan Inn untuk minuman. Brewery bisa dibangun dengan resource 10 kayu.
-          Mill (4)
Mill adalah tempat penggilingan gandum hasil dari perkebunan gandum (wheat farm) menjadi tepung untuk dibuat roti. Mill bisa dibangun dengan resource 20 kayu.
-          Inn (5)
Inn adalah tempat minum para rakyat. Hasil produksi brewery yaitu ale akan dibawa ke sini untuk diproduksi dan digunakan sebagai minuman. Inn bisa dibangun dengan resource 20 kayu dan 100  uang (gold).
Saya menyarankan pada teman teman agar mengembangkan ekonomi kerajaan dulu karena jika kita tak memiliki tingkat kesabaran yang tinggi dan langsung buru buru menyerang, dipastikan kita akan kalah.
WORLDSTRONGHOLDCRUSADER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar